[S147-038-1107]

WAKTU
13-15 Juli 2011 (3 days training)

TEMPAT
Hotel UNY Jl Colombo Yogyakarta

INVESTASI

Rp. 4.200.000 per peserta (Non Residential),

INSTRUKTUR

Zahrul Mufrodi, ST, MT
(Pakar dan Praktisi di bidang Safety & Environtmant Management)

DESKRIPSI

Area industri tidak terlepas dari bahan-bahan kimia beracun dan berbahaya yang dapat memberikan kerugian bagi perusahan jika penanganan tidak memadai, karena selain beracun, korosif bahan tersebut mudah terbakar dan meledak (flammables). Bahan-bahan kimia tersebut dijumpai sebagai bahan proses dan juga sebagai bahan buangan (waste). Informasi yang kurang dan tidak benar terhadap bahan kimia ini dapat mengakibatkan fatal bagi operator yang bekerja dengan bahan kimia itu.
Agar hal ini tidak terjadi, maka pemahaman tentang bahan kimia yang berbahaya dan beracun dan cara penanganannya menjadi hal yang sangat mendasar dan sangat dibutuhkan.
Aktifitas di industri yang terkait dengan bahan kimia berbahaya (hazardous chemicals) antara lain: handling bahan kimia, transport bahan kimia, penyimpanan bahan kimia (baik di gudang) ataupun dalam tangki. Selain itu ada kalanya pabrik harus mengolah/mengelola bahan kimia buangan yang dikategorikan sebagai bahan kimia berbahaya dan beracun (B3).
Setiap bahan kimia berbahaya dan beracun (B3) memiliki beberapa karakteristik yang spesifik dan rentan terhadap akibat yang ditimbulkan kepada manusia. Oleh karena itu, diperlukan penangan dan perlakuan tertentu baik dalam penyimpanannya maupun dalam keadaan darurat. Informasi karakteristik B3 dan penanganan keselamatannya dimuat dalam Material Safety Data Sheets (MSDS). Dokumen tersebut dapat digunakan perusahaan untuk mengatahui prosedur keselamatan penggunaan bahan sehingga meningkatkan standar kesehatan dan keselamatan di tempat kerja. MSDS harus disertakan pada setiap tempat penyimpanan bahan yang mudah di jangkau oleh siapa saja yang berhubungan dengan langsung dengan bahan kimia tersebut. Informasi yang ada di dalam MSDS dapat dijadikan sebagai dasar untuk pembuatan instruksi lisan maupun tertulis kepada para pekerja agar aman dalam menggunakan bahan.
Selain MSDS, B3 juga memerlukan prosedur penyimpanan yang memadahi. Hal ini mencakup syarat tempat, tata cara, tata letak, konstruksi bangunan dan fasilitas penunjang yang harus dimiliki dalam penyimpanan beberapa bahan kimia.
Dengan memahami semua isi yang ada di dalam MSDS dan prosedur penyimpanan B3, perusahaan akan mendapatkan manfaat tentang bagaimana cara yang aman untuk penanganan bahan, dan dapat melakukan tindakan yang dapat mencegah kecelakaan di tempat kerja akibat pemakaian dan penyimpanannya.

Objectives

Pelatihan ini diselenggarakan agar :
* Peserta dapat memahami secara memadai akan pentingnya sebuah kesadaran dan disiplin dalam menciptakan keselamatan dan kesehatan kerja diperusahan
* Peserta pelatihan mampu memahami isi yang terkandung di dalam Material Safety Data Sheets (MSDS)
* Peserta dapat mengidentifikasi bahaya-bahaya dari penggunaan bahan kimia dan cara penanganannya sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.
* Peserta pelatihan memahami prosedur penyimpanan B3 yang benar
* Peserta dapat mengetahui secara benar tata cara penggunan, pencegahan dan penanggulangan akan bahaya yang timbulkan oleh bahan-bahan berbahaya dan beracun (B3)
* Peserta pelatihan mampu mengimplementasikan Material Safety Data Sheets (MSDS) dalam pekerjaannya.

Content
* Pemahaman Umum Material Safety Data Sheets (MSDS)
* Jenis dan Simbol-Simbol Berbahaya Kimia Berbahaya dan Beracun (B3)
* Karakteristik dan Dampak B3
* Komposisi dan Informasi pada B3
* Bahan Kimia Berbahaya terhadap Kebakaran
* Reaktivitas Bahan-Bahan Kimia
* Bahan Kimia Berbahaya Terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja
* Peralatan Perlindungan Diri Terhadap B3
* Penanganan dan Penyimpanan B3 :
- Bangunan Penyimpanan
- Tata Cara dan Tata Letak Penyimpanan
- Konstruksi Bangunan Penyimpanan
- Fasilitas yang Diperlukan
* Transportation of Hazardous Chemicals (safety checklist, hazard diamond, labeling)
* Strategies (Management for Risk Prevention)
* Disposal methods for hazardous waste (Incineration, Land Fill, remediation)
* Pertimbangan Pembuangan

Participant
Peserta adalah personal yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung, mulai dari jenjang karyawan biasa, Manager khususnya Quality Control, Quality Assurance, Eviromental Assurance, SH&E Engineer, Produksi, Laboratorium serta gudang.

INFORMASI PENDAFTARAN

Ketik SMS dengan format :

DAFTAR<spasi>
JUDULTRAINING#TGLTRAINING#NAMA#PERUSAHAAN#JMLHPESERTA#EMAIL

-kirim ke 085286451074

Contoh :

DAFTAR Ahli K3 Umum#2Mei2011#ARIEF#Company#3#nama@email.com

atau ISIKAN FORM BERIKUT :

Pre-Registration (Pendaftaran Tidak Mengikat)
  1. (required / wajib diisi)
  2. (required / wajib diisi)
  3. Jenis Kelamin
  4. (valid email required / email yang valid dibutuhkan)
  5. (valid email required / email yang valid dibutuhkan)
  6. (required / wajib diisi)
  7. (required / wajib diisi)
  8. (required / wajib diisi)
  9. (required / wajib diisi)
 

cforms contact form by delicious:days

Print This Post Print This Post Email This Post Email This Post


Cara cepat dan mudah Registrasi online di Informasi seminar 21. Mencari jadwal seminar dan training atau request in-house training online.
INFOSEMINAR21 | INFOTRAINING21

Share